Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Demokrasi, menurut para ahli.

Demokrasi memiliki banyak makna luas yang memiliki makna berbeda oleh para ahli yang menyampaikan pemahaman demokrasi dari berbagai sumber pengetahuan. Ini dirangkum dalam arti demokrasi yang luas.

pengertian demokrasi

Berikut ini adalah ide-ide demokrasi yang telah diwakili oleh beberapa pakar, termasuk:

1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, demokrasi memiliki dua makna:

• Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan atau sistem pemerintahan di mana semua orang berpartisipasi, melalui mediasi perwakilan yang mereka pilih.

• Demokrasi adalah ide atau konsep kehidupan yang menekankan kesetaraan hak dan kewajiban dan perlakuan yang sama bagi semua warga negara.

2. Setelah Abraham Lincoln

Dalam pidatonya di Gettyburg, presiden Amerika Serikat keenam belas, Abraham Lincoln, menyatakan bahwa demokrasi adalah sistem pemerintahan yang diorganisasi oleh rakyat, oleh rakyat dan oleh rakyat. Dari pemahaman ini, dapat disimpulkan bahwa orang-orang adalah otoritas tertinggi dalam pemerintahan di mana setiap orang memiliki hak untuk memiliki kesempatan dan hak untuk berbicara ketika ia mencoba mengatur kebijakan pemerintah. Dalam sistem ini, keputusan dibuat berdasarkan hasil dari mayoritas suara.

3. After H. Harris Soche (Yogyakarta: Hanindita, 1985)

Demokrasi adalah bentuk pemerintahan populer. Ini berarti bahwa orang atau banyak orang adalah penguasa pemerintah. Mereka memiliki hak untuk mengatur sendiri, membela dan melindungi diri mereka sendiri dari paksaan oleh perwakilan mereka, yaitu orang atau badan yang bertanggung jawab atas otoritas pemerintah.

4. Menurut Hanny B. May

Dalam demokrasi, ketertiban umum ditentukan atas dasar mayoritas perwakilan yang secara efektif diawasi oleh rakyat melalui berbagai pemilihan yang dibuat sesuai dengan prinsip kesetaraan politik, dalam suasana kebebasan politik.

5. Menurut Charles Costello

Demokrasi dalam konteks saat ini adalah sistem sosial dan politik pemerintahan sendiri dengan kekuatan hukum dan biasanya pemerintah terbatas untuk melindungi hak-hak individu warga negara.

Demokrasi mengakui kehendak rakyat, yang berfungsi sebagai dasar legitimasi dan otoritas pemerintah (kedaulatan rakyat). Ini diungkapkan kemudian dalam iklim politik terbuka dengan mengadakan pemilihan umum yang bebas dan teratur. Setiap warga negara memiliki hak untuk memilih pihak-pihak yang akan memerintah dan mengurangi pemerintahan saat ini setiap saat.

6. Setelah John L. Esposito

Demokrasi pada dasarnya adalah bentuk pemerintahan rakyat dan rakyat. Oleh karena itu, orang memiliki hak untuk berpartisipasi dalam peran aktif, serta dalam kendali pedoman yang dikeluarkan oleh pemerintah. Selain itu, lembaga pemerintah resmi memiliki perbedaan yang jelas antara unsur-unsur yang berbeda, seperti eksekutif, legislatif dan yudikatif.

7. Menurut Hans Kelsen

Demokrasi adalah pemerintahan rakyat dan untuk rakyat. Dalam hal ini, wakil-wakil yang dipilih adalah pelaksana kekuasaan negara, dan orang-orang percaya bahwa pelaksanaan pemerintah selalu memperhitungkan semua keinginan dan kepentingan mereka.

8. Setelah Sidney Hook

Pengertian Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana keputusan pemerintah yang penting, baik langsung maupun tidak langsung, didasarkan pada persetujuan mayoritas yang dicapai oleh orang-orang yang telah mencapai dewasa secara bebas.

9. Menurut C.F. dengan kuat

PengertianDemokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana mayoritas anggota Dewan yang berasal dari Komunitas berpartisipasi dalam kegiatan politik berdasarkan sistem perwakilan. Pada akhirnya, pemerintah dapat menjamin dan bertanggung jawab atas semua tindakannya dengan mayoritas.

Berdasarkan referensi Kuliahpendidikan itulah beberapa pengertian demokrasi menurut para ahli. semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk teman teman sekalian. Terima kasih