Penyebab dan Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca – Bagi sebagian orang, flashdisk sudah merupakan kebutuhan yang sangat penting. Hal ini disebabkan, karena flashdisk digunakan sebagai tempat penyimpanan eksternal dari data ataupun backup file-file yang penting. Sayangnya, seringkali flashdisk mengalami kerusakan. Hal umum yang sering terjadi biasanya flashdisk tidak terbaca. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi terkait bagaimana cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca.

Sebelum Kamu mengetahui cara memperbaikinya, sebaiknya Kamu mengetahui terlebih dahulu penyebab dari Flashdisk tidak terbaca pada Windows. Apa sajakah penyebabnya?

Penyebab Umum Flashdisk Tidak Terbaca

  1.  Kerusakan pada port USB.
  2.  Sering mencabut flashdisk dari perangkat komputer secara langsung tanpa di ejectterlebih dahulu.
  3.  Terdapat masalah pada driver USB di komputer Kamu.
  4.  Flashdisk palsu / abal-abal.

Di atas adalah beberapa penyebab flashdisk tidak dapat terdeteksi yang paling sering kita temui. Selanjutnya, yuk kita simak penjelasan mengenai bagaimana cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca berikut ini.

4 Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca

  1. Cek Port USB dan Flashdisk

Langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah dengan mengecek Port USB dan kondisi fisik dari flashdisk tersebut. Ada kemungkinan port USB memang sudah rusak sehingga tidak bisa membaca flashdisk Kamu.

Bila masih terlihat dalam kondisi yang layak. Kamu wajib coba beberapa cara yang akan dijelaskan pada poin-poin selanjutnya.

  • Coba Flashdisk di Komputer Lain

Langkah berikutnya yang harus Kamu lakukan adalah mencoba flashdisk di komputer lain. Hal ini bertujuan untuk melakukan pengecekan, apakah flashdisk yang rusak atau pada sistem operasi yang tidak dapat mendeteksi flashdisk dengan baik.

Jika setelah dicoba di komputer lain dan hasilnya bisa, ada kemungkinan bahwa sistem operasi di komputer Kamu mengalami masalah. Segera lakukan installasi ulang pada komputer Kamu supaya flahsdisk segera terdeteksi dengan baik.

  • Coba Tambahkan Notifikasi Hardware

Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terdeteksi berikutnya adalah dengan menambahkan notifikasi pada hardware. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Sambungkanlah flashdisk ke komputer atau laptop Kamu.
  • Kemudian buka Control Panel.
  • Berikutnya pilih opsi Add Hardware, maka akan muncul kotak dialog, tinggal klik Next
  • Setelah itu, akan terdapat dua pilihan yakni “Yes, I have already connected the hardware” dan “No, I have not added the hardware yet“. Jika menemukan dua pilihan itu, Kamu pilih “Yes, I have already connected the hardware“.
  • Selanjutnya sistem akan secara otomatis mengecek adanya keberadaan flashdisk Kamu. Apabila USB atau flashdisk Kamu terdeteksi, maka akan muncul menu Autorun dan pernyataan bahwa flashdisk Kamu mendukung koneksi lebih cepat.
  • Hal tersebut biasanya ditKamui kemunculan ikon “Removable Hardware” melalui System Try dan selanjutnya akan muncul juga driver baru di My Computer atau Windows Explorer.
  • Bila hal itu sudah muncul, maka proses cara memperbaiki flashdisk yang tidak terdeteksi tidak perlu dilanjutkan lagi. Kamu hanya cukup klik cancel pada tampilan berikutnya.

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca dengan Melakukan Format Pada Flashdisk

Cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca berikutnya adalah dengan format flashdisk. Beberapa virus atau malware juga dapat menyebabkan kerusakan pada flashdisk, salah satu jalan pintas yang boleh diambil yaitu dengan cara menghapus semua datanya.

Tetapi, jika Kamu memilih menu format, maka akan secara otomatis semua data yang terdapat pada flashdisk akan hilang semuanya dan Kamu tidak bisa mengembalikan data bila sudah melakukan format. Jadi harus benar-benar dipikirkan baik-baik. Jika Kamu merasa yakin untuk memformatnya, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Sambungkan flashdisk ke komputer atau laptop Kamu.
  • Ketik “msc” di kolom search program dan files.
  • Lalu klik program compmgmt dan akan muncul kotak dialog Computer Management.
  • Berikutnya klik Storage, kemudian Disk Management dan tunggu sampai loading selesai.
  • Bila sudah selesai, Kamu klik kanan dan format flashdisk.

Selain cara keempat di atas, Kamu dapat menggunakan cara berikut ini untuk memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca:

  • Masukkan flashdisk ke perangkat komputer atau laptop.
  • Jika flashdisk tidak terbaca, cobalah Kamu lepas kemudian masukkan kembali sampai beberapa kali.
  • Ketika flashdisk di perangkat komputer atau laptop, cobalah untuk menggoyangkan flashdisk dengan cara menekan ke kanan atau kiri dan atas bawah. Kemungkinan port USB Kamu telah mulai kendur. Dan cara berikut ini juga cukup ampuh dalam mengatasi masalah pada flashdisk yang tidak terbaca.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai penyebab dan cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca versi https://nirvanaharapan.com . Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Kamu. Terima kasih.