Pertolongan Pertama Terhadap Penyakit Burung Secara Umum Dan Cara Penanganannya

Pertolongan Pertama Terhadap Penyakit Burung SecaraUmum Dan Cara Penanganannya –Ada beberapa kemungkinan yang umum terjadi pada burung ocehan peliharaan anda di rumah tiba – tiba suka makan bulunya sendiri.

Perilaku burung yang suka mematuki bulu – bulunya sendiri sebenarnya adalah kondisi normal namun jika terlalu sering dilakukan maka bisa menjadi penyakit yang patut diwaspadai :

1. Perilaku yang normal terhadap burung ocehan anda pada umumnya dilakukan usai anda memandikan burung atau ketika burung peliharaan anda ingin mandi pada waktu pagi hari untuk berhias diri dengan merapikan bulu – bulunya. Bulu yang terlihat kurang sehat atau patah – patah biasanya secara alami dan naluriah akan dibuang oleh burung yang bersangkutan dengan cara mencabutnya.

2. Perilaku yang kurang normal terhadap burung ocehan adalah mereka suka mencabuti bulu – bulunya secara berlebihan sehingga akan menyebabkan burung menjadi botak dan tidak cantik lagi.

Nah kondisi kurang normal tersebut di atas disebabkan oleh banyak kemungkinan.

1. Mungkin karena anda menempatkan sarang burung pada tempat yang memiliki kondisi udara terlalu kering. Pada waktu musim kemarau, cobalah membersihkan sangkar burung peliharaan anda dengan menyirami air bersih memakai hand sprayer, lakukan selama dua hari sekali secara rutin. Semprotkanlah pada burung dan sekaligus terhadap kurungannya, tetapi hindari membuat burung merasa ketakutan dan khawatir berlebihan. Jadi penyemprotan anda lakukan pelan – pelan dengan semprotan yang halus seperti sedang terkena air hujan yang sepoi – sepoi basah.

2. Kemungkinan besar burung peliharaan anda sedang dalam kondisi buruk yaitu kekurangan vitamin dan mineral seperti mineral oil. Pemberian vitamin yang dilakukan secara rutin dapat anda lakukan dengan cara memasukkannya ke dalam pakan yang bersih dan sehat atau air minum burung tergantung dari macam dan bentuk vitamin serta mineral yang diberikan.

3. Pada burung peliharaan anda bersarang dengan subur ekstoparasit, yaitu kutu mite dan flea yang menyebabkan munculnya rasa gatal dan bulu burung bisa rontok dengan sendirinya. Untuk mengatasinya, anda mencoba semprot burung peliharaan anda dengan lembut dan hati – hati memakai insektisida berbahan aktif dari pyrethrine. Juga perhatikan kondisi ventilasi kandang yang kurang bersih serta kurang mendapatkan sinar matahari serta upayakan untuk memperbaiki ventilasi agar mendapatkan pemasukan sinar sinar ultraviolet yang mencukupi.

Nah itu beberapa cara praktis pencegahan yang dianjurkan oleh seorang dokter hewan terhadap kondisi burung ocehan peliharaan anda yang terkena perilaku kurang normal yaitu suka mencabuti bulu – bulunya secara berlebihan sehingga akan menyebabkan burung menjadi botak dan tidak cantik lagi.

Saran yang lain adalah berikan vitamin dan mineral dari produk BirdVit atau BirdVina (produk terbaru dan merupakan pengembangan dari produk lama yaitu BirdVit dimana saat ini belum dilaunching secara luas tetapi telah ampuh terbukti dan teruji di lapangan, mampu memperbaiki kondisi bulu burung peliharaan anda yang terlanjur rusak).

BirdVina merupakan cairan yang mengandung vitamin sangat dibutuhkan burung sekaligus berfungsi sebagai trace mineral.

Mengapa produk tersebut di atas sangat disarankan untuk diaplikasikan ?

Karena kandungan vitamin dan mineral di dalam produk ini memiliki takaran yang seimbang. Terbukti, kesuksesan dari penangkar lovebird di Kota Jogja dalam memulihkan bulu – bulu burung ocehan peliharaannya yang gemar makan bulu sendiri dengan melakukan terapi vitamin dan mineral sejenis.

Terbukti, kesuksesan dari penangkar lovebird di Kota Jogja dalam memulihkan bulu – bulu burung ocehan peliharaannya yang gemar makan bulu sendiri dengan melakukan terapi vitamin dan mineral sejenis.

Untuk obat semprot kutu dan ekstoparasit lainnya, disarankan menggunakan Fresh Aves karena kandungan zat aktif dari Fresh Aves seperti permethrine merupakan salah satu keluarga dari senyawa kimia pyrethrine yang mampu membantu proses pemulihan tersebut.

Produk dari Fresh Aves tidak dicampur dengan removal dengan tujuan agar obat mudah meresap ke pori – pori bulu burung, dimana removal terbukti mampu melunturkan lapisan lilin / tanduk burung yang menyebabkan bulu mudah rusak.

Lakukan cara mengatasi persoalan bulu pada burung ocehan peliharaan anda tersebut di atas dengan teratur (terutama pada soal penempatan kandang, semprot, pemberian vitamin – mineral dan pembasmian kutu, dll) secara simultan sehingga bisa diharapkan mendapatkan hasil yang maksimal.

Sumber : Dosen Ternak