Rekomendasi Strategi Pemasaran Online Paling Jitu

Bisnis online meningkat tajam seiring dengan semakin canggihnya  teknologi. Jika memiliki sebuah bisnis online maka pemasarannya pun harus dilakukan secara online. Pemasaran penting dilakukan untuk memperkenalkan bisnis kepada konsumen dunia maya ini. Sehingga bisnis dapat terus berkembang dalam pasar yang semakin kompetitif. Berikut ini ada beberapa rekomendasi strategi pemasaran online yang patut dicoba.

1. Search Engine Optimalization (SEO)

Strategi ini cukup populer dan hampir semua bisnis online pernah menggunakannya. SEO akan membantu website toko online berada di posisi puncak dalam hasil pencarian sehingga berpeluang besar dikunjungi oleh pengunjung. Semakin atas posisi web akan semakin ramai dikunjungi sehingga pada akhirnya berpeluang terjadinya transaksi atau konversi. SEO akan memberikan banyak keyword yang relevan dengan bisnis dan banyak dicari pengguna. Kemudian pemilik perlu membuat artikel dengan konten dari SEO baik membuat artikel sendiri atau melalui jasa penulis artikel.

2. Search Engine Marketing (SEM)

Mirip dengan SEO, SEM pun akan membantu sebuah website bisnis mudah ditemukan oleh pencari. Namun bedanya, jasa SEM berbayar sedangkan SEO dapat berbayar dan dapat pula memilih SEO gratis. Melalui SEM pun sebuah bisnis dapat dengan mudah menjangkau konsumen potensial sehingga pemasaran berjalan secara efektif.

3. Media Sosial 

Jika memiliki bisnis online maka sangat perlu untuk membuat akun media sosial. Sebagaimana yang diketahui bahwa hampir semua masyarakat milenial ini memiliki akun medsos sehingga akan mudah memperkenalkan bisnis. Beberapa medsos dapat dibuat sekaligus untuk memperluas jangkauan. Medsos seperti Facebook dan Instagram pun memberikan fasilitas pemasaran khusus bisnis dengan biaya gratis maupun berbayar.

4. Affiliate Marketing

Sedikit berbeda dengan strategi sebelumnya, affiliate marketing perlu bekerja sama dengan blogger. Pebisnis memberikan url atau situs bisnis untuk dimasukkan dalam konten blogger tersebut. Jadi, ketika pengunjung web membaca konten akan diarahkan pada situs bisnis. Hal ini membuat bisnis terlihat lebih terpercaya berkata adanya rekomendasi daro blogger tersebut. Kemudian blogger akan mendapatkan komisi dari jasa lnya tersebut.

Itulah beberapa strategi yang patut dicoba dalam bisnis online. Perlakuan ini tentu baru dan tidak ada dalam bisnis konvensional karena sifat bisnis online yang berbeda dengan bisnis biasa. Jika tidak melakukan salah satu strategi pemasaran online tersebut maka percayalah bisnis tidak akan dapat bertahan.