Resep Kolak Biji Salak Singkong Sederhana Tapi Nikmat

Resep kolak biji salak singkong ini adalah pembahasan kia pada kali ini tentang kulier berbahan utama singkong, tetapi kali ini bisa dibilang setengah makanan setengah minuman.

Resep Kolak Biji Salak Singkong

Resep Kolak Biji Salak Singkong Sederhana Tapi Nikmat

Makanan / minuman ini sudah pasti kalian tahu dan pernah mencoba ,ya kolak biasanya setiap berbuka pasti ada kolak, makanan / minuman berbahan utama singkong di campur dengan kolang – kaling ,tapi kali ini di campur dengan biji salak. Unik bukan?.

Nah kali ini social-blend.com akan memberi tahu cara membuat resep kolak biji salak singkong beserta bahan – bahan yang di perlukan.

Bahan – bahan Resep Kolak Salak Singkong :

  • 500g singkong
  • 300 gram tepung beras
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • Secukupnya Pasta Kuning / Pewarna Makanan
  • 250 gram gula merah
  • 800 ml air
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok makan tepung maizena

Cara Membuat Resep Kolak Salak Singkong :

  1. Kukus singkong dan bila sudah empuk, keluarkan dan haluskan.
  2. Campur tepung ketan dan uleni hingga membentuk bentuk. Jika adonan masih empuk, tambahkan tepung ketan.
  3. Uleni gula dan garam lagi, lalu tambahkan pasta / pewarna makanan dan uleni lagi hingga warnanya seragam.
  4. Gulung adonan sesuai ukuran yang anda inginkan, rebus hingga matang dan mengapung, angkat, tiriskan dan simpan dalam wadah.
  5. Campur air, gula merah, gula pasir, garam dan daun pandan dan didihkan sampai matang.
  6. Saat sudah mendidih, tambahkan tepung maizena yang telah dilarutkan dalam air, aduk lalu angkat dan saring.
  7. Masukkan biji salak ke dalam mangkuk dan tuangi kuah gula merah dan Anda siap menikmati biji salak singkong.

Saya juga memberikan sebuah resep olahan singkong yang bisa kalian coba yaitu keripik singkong balado

Manfaat Berbuka Dengan Kolak

1. Membantu Perkembangan Foetation

Jika Anda sedang hamil, sebaiknya selalu berhati-hati saat memilih menu buka puasa. Ini karena semua yang Anda makan tidak hanya mengalir ke tubuh ibu, tetapi juga diserap oleh pembuahan di dalam rahim. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa menu buka puasa hari ini benar-benar bergizi dan sehat.

2. Kelola Kadar Gula Darah

Pisang kaya akan pektin, sejenis serat yang membuat pisang lembut dan kenyal. Pektin tidak hanya membuat pisang lebih mudah dimakan, tetapi juga membantu menjaga kadar gula darah tetap normal.

3. Menurunkan Berat Badan

Belum ada penelitian yang secara langsung menunjukkan manfaat kolak pisang untuk menurunkan berat badan. Namun, kolak pisang merupakan makanan yang baik untuk dimakan saat sedang diet.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kalium adalah mineral penting untuk kesehatan jantung, terutama untuk mengontrol tekanan darah. Pisang merupakan salah satu sumber kalium terbaik, karena satu buah pisang ukuran sedang (118 gram) dapat memenuhi 9% dari asupan harian yang direkomendasikan.

Menurut studi Jurnal Stroke 2014, makanan kaya kalium membantu menurunkan tekanan darah dan menormalkan detak jantung. Faktanya, mereka yang sering makan memiliki risiko penyakit jantung 27% lebih rendah dibandingkan mereka yang makan lebih sedikit potasium.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Makan kolak ubi saat berpuasa tidak hanya memperpanjang rasa kenyang, tapi juga baik untuk kesehatan pencernaan. Ini karena ubi jalar kaya akan serat makanan dan antioksidan, yang dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus.

Dilihat dari nilai gizinya, setiap 200 gram ubi jalar mengandung 6,6 gram serat. Para ahli telah menunjukkan bahwa makanan kaya serat terbukti dapat merangsang buang air besar secara lebih teratur dan mengurangi risiko kanker usus besar.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Tidak hanya baik untuk pencernaan, namun mengonsumsi segelas kolak ubi jalar saat berpuasa membantu menjaga kesehatan mata. Setiap 200 gram ubi jalar mengandung 7 kali lebih banyak beta karoten dibandingkan sayuran jeruk lainnya

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Apakah Anda merasa sulit berkonsentrasi dan berkonsentrasi saat berpuasa? Jangan bingung. Cobalah segelas kolak ubi untuk berpuasa.

Ubi jalar kaya akan antosianin, antioksidan yang meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Tak hanya itu, makanan tinggi antioksidan juga terbukti bisa menurunkan risiko demensia hingga 13%.

8. Cocok untuk Penderita Diabetes

Tentunya jika Anda memiliki masalah diabetes, Anda perlu lebih berhati-hati saat memilih menu buka puasa. Pasalnya, salah memilih makanan justru bisa meningkatkan kadar gula darah Anda secara drastis.

Semangkuk kolak ubi jalar bisa menjadi pilihan menu buka puasa yang aman dan sehat untuk diabetes. Ini karena ubi jalar memiliki indeks glikemik rendah 63. Jangan heran bahwa makan segelas kolak ubi jalar akan menstabilkan gula darah Anda dan memberi Anda kontrol yang lebih baik terhadap diabetes Anda.

Jika ingin proses produksi lebih cepat dan efisien saya sarankan menggunakan mesin keripik singkong multifungsi

Sekian artikel kali ini semoga bermafaat dan membantu .Terimakasih