Resep Rendang Sapi yang Enak

Pada artikel kali ini, saya akan membahas resep rendang sapi yang enak. Caranya sangatlah mudah dan dapat kamu lakukan sendiri dirumah. Simak artikel berikut ini untuk lebih jelasnya!

Manfaat Daging Sapi

Manfaat daging sapi untuk kesehatan tubuh sangat beragam. Selain untuk memenuhi kebutuhan protein, manfaat daging sapi dapat membantu menjaga massa otot dan meningkatkan daya tahan tubuh saat berolahraga.

1. Membantu mencegah anemia

Anemia, atau sering disebut dengan kekurangan sel darah merah atau hemoglobin, bisa disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam tubuh. Manfaat daging sapi dapat mencegah anemia.

Karena daging sapi merupakan sumber zat besi yang baik, yang dapat diserap lebih baik oleh tubuh dibandingkan dengan zat besi nabati.

2. Menjaga massa otot

Seperti kebanyakan daging hewani, daging sapi merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Daging sapi mengandung segala macam asam amino yang dibutuhkan tubuh dan sering disebut sebagai sumber protein yang lengkap.

Konsumsi daging sapi secara teratur dapat membantu menjaga massa otot. Mempertahankan massa otot dapat mengurangi risiko sacopenia.

3. Baik untuk daya tahan

Beta-alanine, ditemukan dalam daging sapi, merupakan komponen penting untuk fungsi otot. Pasalnya, zat ini dapat memicu pembentukan carnosine di dalam tubuh.

Dalam jumlah yang cukup, carnosine dikatakan dapat membantu mengurangi kelelahan dan meningkatkan daya tahan tubuh saat berolahraga.

Efek Negatif Mengkonsumsi Daging Sapi

1. Peradangan

Daging sapi merupakan jenis makanan yang sangat sulit dicerna oleh tubuh meskipun telah dimasak. Ini meningkatkan jumlah enzim pencernaan yang dibutuhkan untuk mencerna makanan.

Jika sering dikonsumsi di usia muda, makanan ini dapat menahan asam arakidonat (asam lemak omega-6) di dalam tubuh, yang berkontribusi terhadap peradangan dan nyeri.

2. Kanker

Daging sapi mengandung sejumlah bahan kimia organik yang sangat beracun yang dikenal sebagai dioksin.

Dimana bahan kimia tersebut berasal dari partikel abu mikroskopis dari insinerator yang telah mengendap di rumput dan tanaman yang dimakan oleh ternak seperti sapi, babi dan ayam.

Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa dioksin adalah hormon kimia yang dapat mempengaruhi fungsi sel-sel dalam tubuh, sehingga berpotensi meningkatkan risiko kanker.

3. Keracunan

Daging sapi merupakan sumber dari spesies mematikan kuman yang disebut E. Colli O157: H7 yang dapat menyebabkan keracunan makanan yang parah.

Kuman ini terdapat pada daging sapi yang terkontaminasi kotoran sapi pada saat penyembelihan.

Akibatnya, kuman berbahaya ini telah membunuh puluhan orang dan membuat ribuan orang sakit setelah mengonsumsinya. Hal ini mengakibatkan sekitar 25 juta pon daging sapi ditarik dari pasar pada tahun 1997.

4. Penyakit jantung

Seperti disebutkan sebelumnya, daging sapi dari peternakan komersial biasanya lebih rendah asam lemak omega-3.

Meskipun asam omega-3 yang dapat mencegah penyakit jantung, mereka mengandung asam lemak omega-6 dalam jumlah yang lebih tinggi (arachidon cascade) yang benar-benar dapat meningkatkan atau meningkatkan risiko penyakit jantung.

Cara Membuat

Bahan-bahan

  • 1 kg daging sapi
  • 3 butir kelapa, diambil santan kental dan santan encernya
  • 4 lembar daun jeruk
  • 3 batang serai, memarkan
  • 4 butir asam kandis
  • 100 ml minyak goreng
  • 5 gram garam
  • 60 gram bawang merah
  • 50 gram bawangputih
  • 250 gram cabai merah besar
  • 100 gram lengkuas
  • 50 gram kemiri
  • 2 gram cengkeh

Alat Yang Digunakan

  • Pisau untuk memotong daging,
  • Talenen sebagai alas untuk memotong daging,
  • Parutan untuk mengolah kelapa,
  • Ulekan/blender untuk menghaluskan bumbu,
  • Kompor untuk memasak,
  • Penggorengan sebagai wadah untuk memasak,
  • Gelas ukur, digunakan untuk mengukur volume santan.

Langkah-langkah

  1. Haluskan semua bahan Bumbu dengan diulek atau diblender..
  2. Tumis bumbu dengan sedikit minyak goreng hingga wangi.
  3.  Masukkan batang serai, daun jeruk, asam kandis dan garam, aduk rata.
  4.  Tuangkan santan dan dididihkan, masukkan daging.
  5.  Masak dengan  kompor api kecil selama beberapa jam hingga daging empuk dan bumbu kecoklatan sesuai selera.

Jenis Rendang

Saat memasak daging berbumbu dalam santan, jika melihat kandungan cair santan, sebenarnya ada tiga tahap, dari yang paling basah di kuah sampai yang paling kering.

Dari pengertian tersebut, rendang yang sebenarnya adalah rendang dengan kandungan cairan paling rendah. Namun secara umum dikenal dua jenis rendang, yaitu rendang kering dan rendang basah.

1. Rendang kering

Ini adalah rendang nyata dalam tradisi memasak Minang. Rendang ini dimasak berjam-jam hingga santannya mengering dan bumbu meresap sempurna.

Disajikan untuk perayaan khusus, seperti upacara adat, pesta atau penyambutan tamu kehormatan. Rendang kering biasanya berwarna lebih gelap, agak hitam-cokelat.

Jika dimasak dengan benar, rendang kering dapat disimpan pada suhu kamar selama tiga hingga empat minggu, bahkan hingga 1 bulan jika didinginkan, dan 6 bulan jika dibekukan.

Sebagian orang beranggapan bahwa rasa rendang asli Minang paling enak dan tak tertandingi, jauh berbeda dengan rendang di beberapa daerah Malaysia lainnya.

2. Rendang Basah

Lebih tepatnya kalio adalah rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat, santan yang tidak kering sempurna dan hanya bisa bertahan kurang dari seminggu di suhu ruangan.

Coklat keemasan muda dan warnanya lebih pucat. Rendang juga dikenal di negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura. Yang ditemukan di Malaysia lebih seperti kalio, warnanya lebih pucat dan basah dengan rasa yang kurang intens.

Rendang Malaysia, juga dikenal sebagai rendang Kelantan dan rendang Negeri Sembilan, berbeda dengan rendang Indonesia. Proses memasak rendang di Malaysia.

Ini lebih pendek dan mengentalkan bumbu dengan mencampurnya dengan kelapa parut panggang, bukan dengan memasaknya dengan api kecil untuk waktu yang lama.

Karena hubungan historisnya melalui penjajahan, rendang juga dapat ditemukan di Belanda, juga dalam bentuk kalio, tetapi biasanya disajikan sebagai bagian dari lauk Rijsttafel.

Sekian artikel resep rendang sapi yang enak, semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencobanya!