Sinopsis dan Pemeran Film Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi

Genre perfilman Indonesia semakin beragam. Telah bermunculan tema-tema baru selain horor. Salah satunya film dengan judul agak menggelitik Dilarang Menyanyi Di Kamar Mandi.

Dilarang Menyanyi Di Kamar Mandi merupakan sebuah cerpen karya sastrawan senior Seno Gumira Ajidarma yang terbit tahun 90-an. Kemudian oleh Himaya Studio bekerja sama dengan JDer Syndicate Dilarang Menyanyi DI kamar andi diangkat menjadi sebuah cerita film layar lebar yang disutradarai oleh John De Rantau.

Cerita Dilarang Menyanyi Di Kamar Mandi merupakah gambaran keresahan kaum ibu-ibu di perkambungan sempit Kota Jakarta karena kehadiran seorang mahasiswa yang sedang melakukan studi untuk tugas akhirnya, Shopie (Elvira Devinamira). Paras yang cantik, muda, dan body goals menjadikan para laki-laki di kompleks kampung terkesima. Namun beda dengan ibu-ibu yang dibuat murka.

Naas bagi Shopie, kebiasaannya bernyanyi menimbulkan banyak masalah. Suaranya yang bagus dan merdu menjadikan bapak-bapak di daerah tersebut suka menguping dan membuatnya berimajinasi liar. Saking merdunya, tiap pagi mereka rela berkumpul demi menguping aktivitas mandi Sophie. Sampai-sampai berpengaruh pada hubungannya dengan istri.

Keadaan seperti ini tentu membuat para istri muak. Suaminya sudah berbeda haluan. Bahkan tak mendapatkan nafkah batin. Tak tahan dengan semua ini, para istri pun melakukan aksi demo dan protes pada Pak RT (Mathias Muchus). Mereka meminta Shopie untuk pergi dari kampung mereka karena dianggap mengganggu keutuhan rumah tangga warga kampung. Demi kemashlahatan ibu-ibu di kampung, Pak RT meminta Shopie untuk tidak menyanyi lagi di kamar mandi.

Disertai dengan humor yang apik, nyatanya film Dilarang Menyanyi Di Kamar Mandi mampu menyuguhkan humor segar tanpa lupa memberi kritik moral. Para pemain bukanlah dari kalangan komedian, namun mereka tanpa dengan gaya khas humor natural mereka.

Pada dasarnya, film ini gambaran nyata di lingkungan masyarakat dengan narasi yang sederhana. Berita simpang siur yang ga jelas namun bisa berubah menjadi malapetaka dan berdampak ke orang banyak. Sindiran halus bagaimana keadaan masyarakat saat ini yang lebih percaya kepada berita simpang siur, menjadi besar karena banyak bumbu-bumbunya, dan akhirnya meledak dan membuat gempar.

Dilarang Menyanyi menyoroti isu hoax yang menjangkiti masyarakat akhir-akhir ini. Terutama di platform media sosial. Isu hoax yang seperti bola api dan semua orang merasa berhak menghakimi, semua orang berhak menghukum. Oh, kasus Shopie menjelaskan bahwa mengambil kesimpulan tanpa verifikasi bukti terlebih dahulu dan hanya bersumber pada sebuah asumsi. Kisah ini memberikan banyak pembelajaran, salah satunya jangan menarik kesimpulan dari informasi yang belum tentu benar adanya. Istilah main hakim sendiri masih saja terjadi dan sebenarnya bisa diselesaikan jika tak langsung main tuduh begitu saja.

Para pemeran dalam film ini antara lain Isdaryanto, Poppy Azzahra, Elvira Devinamira, David John Schaap, Mathias Muchus, dll. Film ini rilis 18 Juli 2019. Dari pengamatan, film ini termasuk film art, yang mampu menggabungkan isu sosial dengan framing-framing apik. Cocok untuk didaftarkan di festival film.