Cara Mengatasi Smartphone Lemot

Di zaman modern seperti sekarang, smartphone adalah hal yang hampir semua orang butuhkan. Dapat dikatakan bahwa smartphone mengisi dalam kehidupan sehari-hari. Tak pelak, keunggulan smartphone memfasilitasi komunikasi antara orang-orang dari mana saja di dunia dengan sistem operasi yang simpel. Namun, namanya benda elektronik, tentu memiliki masalah tersendiri. Salah satu yang sering dikritik oleh pengguna smartphone adalah lambat saat digunakan. Perlu diketahui tips android diteknologisaya.com, smartphone melambat karena beberapa faktor, termasuk jumlah aplikasi yang diinstal, memori internal dan beberapa masalah eksternal. Selain itu, beberapa aplikasi yang tidak digunakan masih aktif dan lainnya.

Uninstall Bloatware

Tentu saja, Anda tahu bahwa tidak jarang aplikasi berasal dari smartphone Android yang Anda beli dan tidak terlalu berguna. Bahkan, Anda bisa menghapus aplikasi bloatware ini sebagai berikut.
Cukup buka aplikasi pengaturan, klik menu aplikasi, dan pilih aplikasi yang ingin Anda hapus dengan mengklik Uninstall atau Disable.

Menghapus Widget

Smartphone Android umumnya menyediakan berbagai widget untuk mempermudah segala hal bagi pengguna. Widget itu sendiri adalah aplikasi mini yang dapat digunakan secara langsung. Umumnya, widget ditempatkan di layar beranda untuk memudahkan akses oleh pengguna. Untuk mengoptimalkan Android yang digunakan, Anda dapat menghapusnya dengan memilih widget yang ingin Anda hapus. Lalu tekan sebentar, lalu geser ke gambar tempat sampah.

Membersihkan cache

Cache adalah file sementara yang terdapat dalam memori internal smartphone Android. Cache akan merekam aktivitas aplikasi Android yang Anda gunakan. Meskipun data yang dihasilkan kecil, jumlah aplikasi sering digunakan. Ternyata itu bisa memperlambat ponsel Anda. Karena itu, Anda harus mengosongkan cache sebagai berikut: Pertama, buka aplikasi penyetelan pada ponsel cerdas Android Anda. Kemudian klik pada menu aplikasi untuk menampilkan semua aplikasi di smartphone. Pilih menu penyimpanan dan hapus memori, lakukan untuk semua aplikasi yang Anda miliki.

Periksa memori

Kinerja smartphone Android yang lebih lambat terutama karena jumlah aplikasi yang diunduh oleh pengguna, sehingga masih ada beberapa ruang penyimpanan. Batas minimum untuk kinerja Android bebas hambatan adalah dua puluh persen. Jadi, jika ponsel cerdas Anda memiliki kapasitas penyimpanan 8 GB, harus ada sekitar 1 GB memori yang tidak digunakan.