Teh Hijau Atau Teh Putih?

Teh adalah salah satu minuman sehat yang sangat digemari, di dunia ini ada banyak sekali berbagai macam jenis teh, di antaranya adalah teh hijau dan teh putih. Teh sendiri adalah salah satu tumbuhan yang dimanfaatkan daunnya untuk dijadikan sebagai minuman. Fungsi batang, daun atau pucuk daun teh ini bisa dimanfaatkan untuk dikeringkan lalu diseduh dengan air panas.

Tak hanya daun saja, bunga tumbuhan teh juga dapat dijadikan sebagai minuman dengan diseduh terlebih dahulu.

Teh Hijau atau Teh Putih?

Dari semua varian teh yang ada di dunia ini, teh hijau dan teh putih merupakan varian yang sangat terkenal dan dikenal sebagai yang paling baik dan paling sehat. keduanya berasal dari tanaman yang sama yakni Camellia Sinensis, hanya saja jika teh putih dipanen lebih awal pada saat musim semi dan daun yang dipetik adalah daunnya yang masin muda. Selain itu proses pemetikannya juga dilakukan dengan sangat hati hati sehingga hal ini membuat harga teh dibanderol dengan harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan teh yang lainnya.

Perbedaan dari kedua varian ini juga terletak pada cara pemrosesannya yang mana teh hijau mempunyai waktu pemrosesan yang lebih banyak sehingga varian satu ini mempunyai rasa yang pahit dan membutuhkan lebih banyak penyulingan. Selain itu teh hijau juga difermentasi sebagian dikarenakan fermentasi ini lah yang membuat kedua teh ini memiliki sifat yang berbeda.

Tapi meski begitu nutrisi yang terkandung di dalamnya membuat dua varian ini mempunyai manfaat yang sama baiknya bagi kesehatan tubuh.

The juga dikenal sebagai minuman yang memiliki kafein jika pada teh putih kadar kafeinnya hanya 15g sementara pada teh hijau kadar kafeinnya adalah 20g. Sedangkan kandungan antioksidan yang dimiliki oleh teh putih lebih besar dibandingkan dengan teh hijau.

Dari sini sudah tahu kan, jika teh putih lebih baik dari teh hijau. Namun jangan cemas karena keduanya sangat bermanfaat bagi kesehatan dan mampu mengurangi resiko penyakit berbahaya seperti kanker, obesitas dan penyakit mematikan lainnya.