Tips Memilih Hosting Yang Sesuai

Hosting adalah kebutuhan yang mendasar dalam sebuah website. Tanpa hosting maka website tidak bisa online. Untuk memilih Hosting indonesia yang baik, anda bisa membaca tips memilih hosting dari kami berikut ini.

Tips Memilih Hosting Murah

Banyak hosting murah yang ada diluar sana. Mulai dari hosting seperti domainesia, niagahoster, hawkhost dan lainnya. Salah satu yang kami rekomendasikan untuk hosting murah dari Indonesia adalah Menyohost.com.

Menyohost memiliki banyak pilihan mulai dari hosting lokasi indonesia, eropa hingga Indonesia. Hosting bisa digunakan untuk wordpress, joomla, drupal dan website tipe lainnya. Pilihan harga juga ada banyak mulai dari 50rb per tahun hingga ratusan ribu perbulan.

Tips Membeli Hosting Murah

tips memilih hosting

Sebelum membeli hosting, simak tips dibawah ini.

  • Pastikan anda telah menentukan paket awal yang sesuai kebutuhan
  • Jika anda baru membangun website, anda bisa menggunakan paket terkecil pada hosting terkait.
    Anda bisa mencari referensi berapa kebutuhan minimum space script yang anda gunakan. Umumnya CMS wordpress membutuhkan space kurang dari 250 MB untuk fresh install. Anda cukup melakukan upgrade ke paket hosting di atasnya jika sudah penuh.
  • Tentukan kapasitas RAM. CMS yang kompleks seperti wordpress termasuk script yang membutuhkan ram besar. Banyak yang merekomendasikan ram 1 GB untuk wordpress. Namun ram 512 MB sudah lebih dari cukup untuk website baru.
  • Tentukan lokasi server. Jika anda memiliki target lokal, misalkan 90% adalah pengunjung lokal, maka bisa memilih server lokasi Indonesia.
    Namun jika memiliki target international yang cukup besar misalkan sekitar 30% lebih pengunjung international, maka anda sebaiknya menggunakan server lokasi luar seperti amerika.
  • Sesuaikan dengan budget anda. Tidak perlu membeli paket yang berlebihan. Cukup gunakan paket yang sesuai kebutuhan untuk menghemat biaya. Cukup upgrade ke paket diatasnya jika diperlukan.
  • Yang paling kami sarankan, sebaiknya coba lakukan komunikasi dengan support terkait. Karena support yang baik akan memudahkan anda  kedepannya jika terjadi masalah.

Jangan termakan dengan branding brand besar. Karena tak jarang kualitas tidak selalu linear dengan terkenalnya sebuah brand hosting. Bahkan sering brand yang tak disangka akan kita beli, justru merupakan brand yang sesuai dengan kebutuhan kita.