Uji Ketahanan Paket Antivirus

Uji Ketahanan Paket Antivirus

Antivirus yang tangguh menjadi syarat mutlak agar pc aman dari berbagai ancaman malware modern, seperti Banking trojan atau Nsa spyware. pertanyaan berikut ini perlu dipikirkan oleh setiap pengguna PC, notebook, atau tablet. Masih amankah Antivirus (AV) yang dipakai saat ini Apakah AV gratis sudah memadai Apakah AV komersial wajib dibeli agar sistem aman AV ideal bukan hanya dituntut dapat memblokir berbagai malware canggih, seperti banking trojan atau NSA spyware (didukung program Genie botnet) yang menghebohkan berbagai pihak. AV pun harus dapat bekerja cepat dan enteng tanpa membenani system resource PC.

Baca Juga : Status Wa

Kali ini CHIP menguji sebelas paket AV dengan melakukan serangkaian pengujian di AV-Test Lab untuk mencari AV terbaik. AV gratis Microsoft Security Essentials (Defender di Win 8) tidak disertakan dalam pengujian kali ini karena berdasarkan pengujian terdahulu, AV tersebut tidak memenuhi kriteria sebagai AV standar. Sekilas, kesebelas AV versi terbaru ini tidak banyak melakukan perubahan (scan engine, teknologi proteksi, dan lain-lain) de ngan versi terdahulu yang diuji CHIP tahun lalu. Perubahan ditemui pada G Data dengan teknologi engine terbarunya, CloseGap. Namun, selain beberapa paket AV dengan interface baru, banyak kemajuan terjadi berkaitan dengan efeknya ke performa sistem. Pengujian CHIP menunjukkan tingkat deteksi malware pada hampir semua AV nyaris sempurna.

Hanya Avira yang masih di bawah ratat-rata karena gagal memblokir 4 dari 70 malware yang belum diidentifikasi. Teknologi engine CloseGap yang menggantikan teknologi dual-engine pada G Data tidak jauh berbeda de ngan engine AV modern lainnya yang menggabungkan metode pengujian berbasis signature, heuristic, behaviour-detection, dan cloudanalysis. Hasilnya, engine CloseGap pada G Data berhasil memblokir semua jenis malware yang belum teridentifikasi (unknownmalware). Tingkat deteksi 100% ini hanya bisa disamai oleh paket F-Secure (lihat tabel).